Artikel

Search our Site

Man Ye / Man YueTahukah Anda bahwa orang-orang China mempunyai tradisi merayakan kelahiran seorang bayi? Ini biasanya disebut dengan Man Ye / Man Yue dan dirayakan pada saat bayi tersebut mencapai usia 1 bulan.

Tujuan utamanya adalah memperkenalkan bayi tersebut kepada para saudara (bibi, paman dan sepupu) dan juga kepada teman dari orang tuanya. Walaupun bayi itu seharusnya menjadi bintang selama perayaan, ia tidak akan mengingat apa-apa kecuali melalui foto-foto atau video yang direkam selama acara tersebut.

Akan ada banyak macam makanan dan minuman yang disiapkan untuk para tamu. Satu di antaranya yang paling sering dijumpai adalah telur yang kulitnya diberi warna merah. Telur melambangkan suatu tahapan kehidupan yang baru sedangkan warna merah melambangkan perayaan dan keberuntungan. Bentuk telur yang oval melambangkan harmoni dan kesatuan.

Selama perayaan ini, beberapa orang tua China juga mencukur rambut si bayi. Sementara yang lainnya hanya memotong sebagian dari rambutnya sebagai simbol saja. Rambut itu kemudian dibungkus dengan kain merah dan dijahit pada bantal si bayi. Praktek ini dianggap dapat memastikan agar bayi tersebut berani dan tidak mudah takut.

Si bayi akan menerima kado-kado seperti pakaian atau perlengkapan bayi, angpao atau bahkan perhiasan emas. Orang yang paling berbahagia tentunya adalah orang tua serta kakek-neneknya. Acara ini bukan saja untuk merayakan kedatangan anggota keluarga baru namun juga membuat para anggota keluarga semakin akrab.